Sistem CAT dalam Seleksi CPNS 2023 

Pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil (SKD CPNS) 2023 akan kembali berbasis sistem CAT (computer assisted test). 

Lantas, apa itu sistem CAT BKN yang digunakan dalam seleksi CPNS 2023? 

CAT atau computer assisted test adalah metode seleksi dengan alat bantu komputer untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar yang digunakan dalam seleksi CPNS untuk mewujudkan profesionalisme PNS (pegawai negeri sipil).  

Peserta yang mengikuti ujian dengan sistem CAT, langsung bisa mengetahui nilai yang diperoleh setelah selesai mengerjakan tes.  

Selain itu, nilai ujian bisa langsung dimonitor oleh masyarakat umum secara realtime melalui layar komputer yang tersedia. 

Peserta hanya diizinkan membawa identitas dan kartu tes ke dalam ruang ujian. Peserta akan mendapatkan soal yang berbeda satu sama lain. 

Peserta akan memperoleh PIN dari petugas untuk mengakses soal SKD CPNS di dalam sistem CAT BKN. 

Tes SKD CPNS 2023  

SKD CPNS akan mengujikan tiga tes, yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).  

Peserta SKD CPNS 2023 akan dihadapkan dengan 110 butir soal, yang terdiri dari 30 soal TWK, 35 soal TIU, dan 45 soal TKP.  

Adapun tes SKD bagi pelamar kebutuhan umum akan dilaksanakan selama 100 menit, sedangkan bagi pelamar penyandang disabilitas 130 menit. 

Demikian informasi mengenai sistem CAT CPNS 2023.  

Leave a comment