Peserta Lolos Administrasi CASN Bisa Ganti Status dari MS Jadi TMS 

Saat ini media sosial ramai memperbincangkan peserta seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) yang dinyatakan lolos administrasi, tetapi berganti menjadi tidak lulus.  

Pengunggah mengatakan, status “Memenuhi Syarat” atau MS yang ada pada peserta dapat berubah menjadi “Tidak Memenuhi Syarat” atau TMS saat pengumuman pascasanggah. 

Menurut pengunggah, peserta TMS dapat berganti menjadi MS dan dapat melanjutkan seleksi tahap berikutnya jika hasil verifikasi menyatakan bekas atau dokumen valid. 

Lantas, benarkah informasi tersebut? 

Perubahan status peserta CASN dari MS ke TMS  

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nur Hasan mengatakan bahwa masa sanggah seleksi CASN digunakan untuk memeriksa kembali berkas atau dokumen peserta yang mengajukan keberatan atau sanggah. 

Sebagai informasi, masa sanggah adalah waktu pengajuan keberatan yang diberikan kepada peserta untuk membantah hasil seleksi.  

Sanggahan dapat diajukan bagi peserta yang berkas unggahannya telah sesuai dengan ketentuan atau syarat, tetapi dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh panitia seleksi. 

Namun, bukan hanya berkas milik pelamar TMS yang mengajukan sanggah, verifikator dari instansi juga dapat mengecek kembali dokumen peserta MS sebagai perbandingan. 

Setelah mengajukan sanggahan, panitia seleksi atau instansi akan menanggapi dan memberikan jawaban kepada peserta.  

Instansi juga akan melakukan verifikasi kembali terkait kesesuaian persyaratan umum dan khusus yang ditetapkan dengan dokumen yang diajukan peserta.  

Kemudian, instansi kembali mengumumkan hasil pascasanggah atau verifikasi ulang tersebut maksimal tujuh hari dari berakhirnya masa sanggah. 

Sementara itu, panitia seleksi dan instansi memiliki waktu selama lima hari untuk menjawab sanggahan para peserta CASN. 

Leave a comment