Cara Menggunakan E-meterai buat Daftar CPNS 2023 

eserta pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 (pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja 2023) kiranya perlu mengetahui cara menggunakan e-meterai.  

Sebagai informasi, e-meterai atau meterai elektronik merupakan salah satu hal yang perlu disiapkan peserta dalam pendaftaran CPNS dan PPPK 2023. 

Simak penjelasan lengkap berikut mengenai cara menggunakan e-meterai di dokumen pendaftaran CPNS dan PPPK 2023. 

Cara menggunakan e-meterai di dokumen pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 

Cara menggunakan e-meterai di dokumen pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 itu sejatinya cukup mudah untuk dilakukan. Adapun proses penggunaan e-meterai di dokumen pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 itu adalah pembelian dan pembubuhan. Penjelasan masing-masing proses dalam cara menggunakan e-meterai buat daftar CPNS atau PPPK 2023 sebagai berikut. 

Beli e-meterai Sebelum membubuhkan di dokumen pendaftaran, peserta perlu memiliki e-meterai dulu. E-meterai buat pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 bisa dibeli melalui beberapa website penyedia yang resmi. 

Di tiap website atau platform tersebut, cara beli e-meterai kemungkinan bisa berbeda-beda. Akan tetapi, secara umum, peserta bisa membeli e-meterai dengan cara sebagai berikut:  

  • Kunjungi salah satu link di atas.  
  • Buat akun pada platform.  
  • Beli e-meterai sesuai dengan kebutuhan  
  • Selesaikan pembayaran dengan metode yang tersedia.  

Setelah memiliki e-meterai pada salah satu website penyedia e-meterai tersebut, peserta dapat mulai membubuhkannya ke dokumen pendaftaran CPNS dan PPPK 2023. Adapun penjelasan cara membubuhkan e-meterai ke dokumen itu adalah sebagai berikut. 

Secara umum, peserta bisa membubuhkan e-meterai di dokumen itu dengan cara sebagai berikut:  

  • Siapkan dokumen pendaftaran CPNS atau PPPK 2023 yang hendak dibubuhi e-meterai. 
  • Pastikan telah membeli dan memiliki kuota e-meterai di website-website penjualan e-meterai resmi tersebut.  
  • Unggah dokumen ke website itu. Bubuhkan e-meterai ke dokumen yang telah terunggah. 
  • Unduh dokumen yang telah dibubuhi e-meterai.  
  • Setelah itu, peserta bisa mengunggah dokumen yang telah dibubuhi e-meterai ke website SSCASN untuk daftar CPNS atau PPPK 2023.  

Demikian penjelasan seputar cara menggunakan e-meterai di dokumen pendaftaran CPNS dan PPPK 2023. Hal yang perlu dicatat, e-meterai tidak bisa dibubuhkan secara sembarangan pada dokumen pendaftaran CPNS dan PPPK 2023. 
 
 
 
 
 

Leave a comment