Terkendala Saat Daftar Seleksi CPNS? Hubungi Helpdesk Berikut 

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyiapkan tiga layanan pengaduan atau Helpdesk untuk para pelamar seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang menemui kendala selama proses pendaftaran. Hal ini dilakukan dalam mendukung kelancaran rangkaian proses seleksi. 

Pelamar seleksi CASN, baik CPNS maupun PPPK, dapat memanfaatkan layanan Helpdesk untuk menyampaikan kendala teknis pendaftaran melalui 3 alternatif jalur ayanan yang disediakan, yakni helpdesk-sscasn.bkn.go.id;lapor.go.id; dan layanan telepon
 
Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto mengimbau masyarakat dan para pelamar agar mencermati setiap syarat dan tahapan pendaftaran yang disediakan masing-masing instansi. Para pelamar juga diminta untuk mengikuti proses seleksi hanya melalui jalur yang disediakan pemerintah dan diminta berhati-hati terhadap oknum penipuan yang mencoba menyalahgunakan momentum seleksi CASN 2023. 

Tidak hanya pengaduan kendala pendaftaran, para peserta seleksi juga dapat menyampaikan aspirasi dan kritik/saran menyangkut arah kebijakan pengadaan CASN 2023. Hal ini dapat dikonsultasikan dengan Kementerian PANRB selaku Ketua Panselnas. 
 
Beberapa hal yang dapat dikonsultasikan seperti alokasi formasi PPPK dan CPNS, alokasi kebutuhan formasi PPPK yang dikategorikan menjadi kebutuhan khusus dan kebutuhan umum, hingga regulasi seleksi. Terkait regulasi pelaksanaan seleksi, Kementerian PANRB juga sudah menerbitkan kebijakan pengadaan CASN baik untuk calon pelamar PPPK dan CPNS. 
 
Khusus menyangkut formasi PPPK, alokasi formasi yang disediakan instansi merujuk pada Surat Kementerian PANRB 648/2023 tentang Mekanisme Seleksi PPPK untuk Jabatan Fungsional, yakni minimal 2% untuk pelamar Disabilitas dan komposisi untuk kebutuhan khusus dan kebutuhan umum, meliputi alokasi Tenaga Honorer (THKII) dan non-ASN (yang tersedia dalam database BKN) paling banyak 80% dan alokasi kebutuhan umum bagi pelamar umum paling sedikit 20%. 
 
 
 

Leave a comment