Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan secara resmi bahwa pendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) yang terdiri dari calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) diundur menjadi Rabu, 20 September 2023. 

Sebelumnya, pendaftaran CPNS dan PPPK direncanakan dibuka pada Minggu (17/9/2023). 

Namun karena instansi pusat dan daerah masih melakukan proses verifikasi dan validasi formasi, maka pendaftaran CPNS dan PPPK itu diundur beberapa hari.  

Di sisi lain, proses optimalisasi pengisian kebutuhan jabatan fungsional pada pengadaan pegawai pemerintahan dengan perjanjian tahun anggaran 2022 juga masih berlangsung. 

Penyesuaian jadwal CPNS dan PPPK 2023 itu menjawab keluhan peserta yang terkendala saat hendak membuat akun Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCASN) pada Minggu (17/9/2023). 

Lantas, kapan bisa buat akun SSCASN? 

Buat akun SSCASN mulai 20 September Berkaitan dengan penyesuaian jadwal pendaftaran CPNS dan PPPK 2023, Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama (BHHK) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nur Hasan mengonfirmasi bahwa hal itu berimbas pada waktu pembuatan akun SSCASN bagi para peserta.  

Jika mulanya peserta bisa membuat akun pada 17 September 2023, kini peserta CPNS 2023 baru bisa membuat akun SSCASN pada 20 September 2023.  

Hal itu berkenaan dengan diundurnya jadwal seleksi CASN 2023 pada Rabu (20/9/2023). 

Seluruh peserta CPNS dan PPPK 2023 wajib membuat akun SSCASN. Begitu juga bagi mereka yang sebelumnya telah memiliki akun tersebut.  

Saat membuat akun SSCASN, peserta akan membutuhkan beberapa data, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor ponsel aktif, dan alamat email. 

Cara buat akun SSCASN 2023  

Pendaftaran akun SSCASN 2023 dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi laman https://sscasn.bkn.go.id.  

Berikut tata cara buat akun SSCASN 2023:  

  • Kunjungi portal SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id  
  • Selanjutnya, pilih menu “Buat Akun” Lengkapi data Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor handphone, email aktif, dan kode captcha  
  • Lalu, klik “Lanjutkan” Selanjutnya, akan muncul formulir yang meminta data pribadi, seperti mengunggah foto KTP dan swafoto  
  • Buat password yang akan digunakan untuk login ke laman SSCASN  
  • Pastikan telah mengisi semua data dengan lengkap dan benar. Data yang telah disimpan tidak bisa diperbaiki atau diubah  
  • Masukkan kode captcha yang tertera dan klik “Lanjutkan”  
  • Selanjutnya lakukan pengecekan ulang data sebelum mengakhiri pendaftaran akun 
  • Pastikan data benar dan swafoto jelas Kemudian, tekan tombol “Iya” dan pendaftaran selesai. 
     
     
     
     
     

Leave a comment