Ada Fitur Baru Seleksi CPNS 2023 yang Telah Disiapkan BKN  

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen mengatakan, BKN telah menyiapkan fitur tambahan berupa ASN Karier dalam proses perekrutan Calon Aparatur Sipil Negara, atau CPNS 2023. 

Layanan ini tersedia dalam portal pendaftaran Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) bagi para calon pelamar CPNS 2023 maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Dari aspek kesiapan dukungan infrastruktur, ia melanjutkan, BKN telah bekerjasama dengan beberapa instansi pemerintah. Mulai dari akses penyediaan jaringan komunikasi data penyelenggaraan dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Teknologi (BAKTI). 

“Kemudian, monitoring infrastruktur dan keamanan teknologi informasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta penyediaan elektronik materai bersama dengan Peruri,” papar dia. 

Integrasi Sistem 

Selain itu, terkait dengan sejumlah formasi jabatan yang akan dibuka pada seleksi tahun ini seperti tenaga kesehatan dan Guru, BKN telah mengintegrasikan portal SSCASN dengan data Dapodik dari Kemendikbud dan SISDMK dari Kemenkes. 

Adapun untuk mendukung kelancaran pembuatan akun SSCASN, BKN juga melakukan integrasi dengan Dukcapil dari Kemendagri selaku instansi yang bertanggung jawab penuh atas data kependudukan. 

“Saat portal pendaftaran yang rencananya akan dibuka pada 17 September 2023 mendatang, seluruh calon pelamar diwajibkan membuat akun baru di portal, baik bagi pelamar yang baru pertama kali melakukan pendaftaran maupun bagi pelamar yang sudah pernah mengikuti seleksi sebelumnya,” terang Suharmen. 

“BKN mengimbau kepada seluruh calon pelamar CASN 2023 untuk dapat mencermati persyaratan administrasi dan syarat tambahan pada pengumuman dari instansi yang akan dilamar. Pelamar juga diminta untuk mengikuti perkembangan informasi seleksi melalui kanal informasi resmi pemerintah,” pungkasnya. 

Leave a comment