Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan segera dibuka pada September 2023. Bagi kamu yang berminat untuk menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN), harus mempersiapkan diri dari sekarang. 

Seleksi CPNS dilakukan dalam beberapa tahapan, meliputi pendaftaran online SSCN-BKN, seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). 

Seleksi akan dilakukan secara nasional yang berarti kamu akan bersaing dengan jutaan orang dari seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan diri mulai sekarang. Berikut 5 teknik belajar yang bisa kamu gunakan sebagai senjata untuk hadapi tes CPNS 2023. 

1. Teknik Pomodoro 

Bagi kamu yang sering kedistraksi saat belajar, mungkin harus mencoba teknik belajar Pomodoro. Teknik Pomodoro bertujuan untuk membuatmu fokus dengan interval selang waktu yang sudah ditentukan.  

Misal, kamu harus fokus dalam selang waktu tertentu yakni 25 menit untuk belajar suatu materi. Setelah waktu habis, kamu diharuskan istirahat selama 3-5 menit. Kemudian, cara ini diulangi sebanyak 4 kali. Setelah 4 kali, kamu bisa memperpanjang istirahat selama 15-30 menit. 

2. Teknik Mind Mapping 

Teknik Mind Mapping merupakan metode belajar menggunakan fungsi otak kanan dan kiri dengan cara membuat peta konsep secara kreatif. 

3. Teknik Cornell 

Teknik Cornell merupakan metode belajar yang diciptakan oleh Prof. Walter Pauk dari Cornell University. Teknik ini dilakukan dengan membuat catatan menggunakan metode Cornell, yaitu membagi catat menjadi tiga bagian. 

Bagian pertama, kolom kanan yang berisi materi yang sedang kamu pelajari. Bagian kedua, kolom kiri yang berisi pertanyaan atau ide-ide yang muncul. Bagian ketiga, kolom bawah yang berisi hasil review atau evaluasi materi yang sudah dicatat. 

4. Teknik Feynman 

Teknik Feynman merupakan metode belajar dengan cara menjelaskan kembali materi yang sudah dipelajari ke orang lain menggunakan bahasamu sendiri. Teknik ini diciptakan oleh Richard Philip Feynman seorang fisikawan. 

Melalui cara ini, kamu bisa tahu sejauh mana pemahamanmu tentang materi yang dipelajari. Buat catatan yang berisi rangkuman materi CPNS dengan bahasamu sendiri, lalu praktikan teknik ini bersama temanmu. 

5. Teknik SQ3R 

Teknik Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) merupakan metode belajar efektif dengan menggunakan buku teks. Proses belajar yang dilakukan terdiri dari 5 tahapan. 

  1. Survey (penelaahan pendahuluan), melakukan survei untuk materi yang ingin dipelajari. Langkah ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum dari materi tersebut. 
  1. Question (pertanyaan), menyusun pertanyaan secara singkat dan relevan untuk mengetahui dengan lebih detail materi bacaan. 
  1. Read (baca), membaca secara aktif untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang sudah disusun sebelumnya. 
  1. Recite (mengutarakan kembali), menulis ulang materi menggunakan bahasa sendiri untuk setiap informasi yang didapatkan 
  1. Review (mengulang kembali), mengulang kembali materi yang dipelajari secara keseluruhan. 

Dengan beberapa teknik di atas, kamu akan lebih mudah dalam belajar dan memahami materi CPNS yang akan dipelajari. Ayo, persiapkan diri kamu untuk seleksi CPNS 2023 dimulai dari mengenali gaya belajarmu. Selamat belajar dan semoga berhasil! 

Leave a comment