Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalimantan Timur Deni Sutrisno mengatakan Kaltim segera membuka lowongan bagi aparatur sipil negara (ASN). 
Beliau menyebutkan ada ribuan formasi yang telah disiapkan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). “Jumlah formasi yang dibuka sebanyak 4.427 ASN, terdiri dari 2.789 formasi PNS dan 1.638 formasi PPPK,” sebut Deni Sutrisno. 

Mantan Kepala Biro Pemerintahan Setprov Kaltim itu juga menyampaikan BKD akan mengumumkan rincian formasi lowongan ASN 2023 pada 16 September, sekaligus menjadi awal pendaftaran. Formasi tenaga pendidikan atau guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis lainnya merupakan lowongan yang akan dibuka pada 2023, meskipun Deni tidak menyebut detail latar jurusan tertentu. Deni mengingatkan para calon pelamar ASN agar mempersiapkan persyaratan sejak awal dan memilih formasi sesuai dengan minat dan kemampuan. “Tahun ini, akan ada portal ASN Karier yang menampilkan informasi uraian tugas, informasi jabatan dan pendapatan untuk membantu pelamar memilih formasi,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim itu. 
Deni juga menjelaskan alokasi lowongan formasi PPPK sebanyak 1.638 orang, terdiri dari tenaga guru sebanyak 1.192 orang dan tenaga kesehatan sebanyak 446 orang. “Formasi itu sesuai dengan kebutuhan dan prioritas kami di Kaltim. Kami membutuhkan banyak guru dan tenaga kesehatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan di daerah ini,” tegasnya. Proses pendaftaran lowongan ASN Kaltim, lanjut Deni, hanya satu pintu yaitu dari BKD yang diteruskan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN), termasuk keputusan lulus atau tidaknya pelamar. “Kami ada panitia seleksi daerah dan pusat yang akan berkolaborasi, mana yang kewenangan daerah, mana yang kewenangan pusat,” jelasnya. Namun pada formasi PPPK, pendaftaran dan seleksi pelamar akan dilakukan secara mandiri oleh Pemprov Kaltim. 
“Segera di buka pendaftaran seleksi PPPK di lingkungan Pemprov Kaltim. Diumumkan pada September 2023,” tegas Deni Sutrisno. Deni juga menambahkan para pelamar perlu mengikuti informasi dan memantau pengumuman berikutnya lewat situs resmi BKN. 
 
 

Leave a comment